Visitor

Daftar Situs Populer Yang Diblokir Di China, Kenapa?


Mengapa google dan kawan-kawan diblokir di China? , jika kamu pergi ke China lalu membuka google, facebook, instagram dll kemudian tidak bisa dibuka, pasti akan membuat kamu kesal karena saat di Indonesia lancar-lancar saja membukanya. Banyak faktor yang mempengaruhi China memblokir google dan kawan-kawannya. Lantas apa saja yang diblokir oleh China dan apa alasannya diblokir.

1. Google

Cina pertama kali memblokir Google pada 2002 dengan alasan banyaknya konten porno dan kekerasan yang tidak disensor. Google selanjutnya menyetujui sensor yang diberlakukan Cina pada 2006. Tidak lama kemudian, muncul Google versi Cina.

"Permasalahan kembali terjadi antara Cina dan Google yang masih belum jelas musababnya," tulis Business Insider. Cina pun kembali memblokir Google beserta layanan lain, yakni Gmail, Google Maps, Google Plus, Google Drive, dan Google Photos.
Untuk penggantinya China membuat Baidu dan kawan-kawannya yang sejenis dengan google.

2. Youtube

Youtube mulai diblokir pada 2008 saat terjadinya kerusuhan di Tibet. Tibet yang masuk dalam wilayah kedaulatan Cina memprotes kebijakan pemerintah terkait hak asasi. Cina berdalih, larangan terhadap YouTube bakal menghindarkan masyarakat dunia akan informasi yang salah.

Tentu saja China punya situs penggantinya yang diberi nama Youku. Sama sperti youtube situs ini sangat populer di china dan banyak video dan film-film yang menarik.

3. Flickr

Aplikasi foto buatan Yahoo! ini sempat dilarang selama beberapa saat pada 2007. Namun, tanpa alasan yang jelas, kembali diblokir pada 2014. Berbagai spekulasi menyebutkan, peraturan terkait dengan pemerintah Cina yang tidak senang dengan pihak-pihak yang membagi foto secara bebas.

4. Facebook

Cina memblokir Facebook sejak 2009 tidak lama setelah kerusuhan pecah di Xinjiang. Hal ini disesalkan Mark Zuckerberg selaku pendiri dan Chief Executive Officer Facebook. "Bagaimana Anda bisa menghubungkan dunia, jika Anda tidak menyertakan miliaran orang untuk berkomunikasi," kata Zuckerberg saat itu.

Dia pun menempuh berbagai cara agar Facebook bisa diakses di negara tersebut. Zuckerberg bahkan menyampaikan pidato dalam bahasa Mandarin saat menyambut mahasiswa asal Cina pada 2014. Tidak hanya itu, dia membuat video Tahun Baru Cina 2015.

Sangat disayangkan situs populer seperti facebook diblokir juga, karena seperti yang dikatakan Mark Zuckerberg bagaimana kamu bisa menghubungkan dunia jika tidak menyertkan miliaran orang untuk berkomunikasi.

5. Instagram

Instagram diblok adalah karna foto demo pro-demokrasi di Hongkong menyebar luas di Instagram. Lalu Instagram diblokir. Menghindari provokasi, bisa kontrol info yg masuk ke masyarakat, jaga stabilitas negara.
Tapi rumor beredar bahwa china akan membuka blokir tersebut. Tapi tidak tahu kapan dan kepastian tentang rumor tersebut.

6. Twitter

Sejak 2011, microblogging ini dilarang di Cina. Rupanya, masyarakat tidak terlalu risau akan hal tersebut. Situs serupa buatan pengembang lokal, Weibo, menjadi populer di negara itu. Fungsinya pun sama, membagi cuitan, foto, dan video.

Buat kamu yang ingin pergi ke China ataupun sudah berada di china harus tau bahwa situs-situs tersebut tidak bisa dibuka disana. Lalu bagaimana jika kamu masih nekat ingin membukanya.
Caranya yaitu dengan menggunakan VPN, tanpa vpn kamu tidak akan bisa membuka situs-situs tersebut
Daftar Situs Populer Yang Diblokir Di China, Kenapa? Daftar Situs Populer Yang Diblokir Di China, Kenapa? Reviewed by Abdul Rofik on August 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Recent Posts

recentposts
Powered by Blogger.