Visitor

Tips Mudah Agar Bisa Dan Lancar Bahasa Mandarin/Chinese Untuk Pemula


Selamat malam 大家好 (Da Jia Hao). Saya akan memberi tahu bagaimana langkah awal belajar bahasa mandarin, untuk orang awam pasti akan kebingungan harus mulai dari mana.wajib kalian tahu bahwa bahasa mandarin adalah bahasa yang paling sulit dipelajari, karena semua tulisannya menggunakan hanzi. Dan juga memiliki tone tiap pengucapannya.
Oke langsung saja hal pertama yang harus di pelajari adalah

1. Pinyin

Syarat utama paling dasar supaya bisa bahasa mandarin adalah harus bisa membaca pinyin.
Pinyin adalah standar membaca/mengeja huruf mandarin atau hanzi dengan menggunakan ejaan alfabet internasional. Huruf-huruf dalam pinyin lumayan banyak dan juga pengucapannya berbeda tidak seperti bahasa indonesia. Contoh huruf B dibaca P. Jika kalian sudah lancar dan tau cara membaca pinyin akan sangat mudah belajar ke tingkat bahasa mandarin yang lebih tinggi.


                     

2. Pelafalan Vokal


Bahasa mandarin memiliki 4 nada dalam pelafalannya. Nada ini sangat penting, jika kamu tidak benar dalam pelafalan bahasa mandarin maka orang china tidak akan mengerti atau sebaliknya kata yang kamu sebut akan berbeda arti jika salah dalam pelafalan nadanya.
Bahasa mandarin memiliki 4 vokal atau nada yaitu ;
  • Nada 1 diberi lambang garis lurus mendatar seperti ini Ā. Nada satu dibaca datar.
  • Nada 2 diberi lambang garis menanjak seperti ini Á. Nada ini pelafalannya dibaca dengan nada tinggi.
  • Nada 3 diberi lambang garis naik turun seperti ini Ă. Nada ini pelafalannya dibaca dengan nada turun naik.
  • Nada 4 diberi lambang garis turun kebawah seperti ini À. Nada ini pelafalannya dihentak dan juga pendek, jadi seperti kalian kalau bicara kata "woi" dalam nada membentak kurang lebih seperti itu.

3. Pleco

Aplikasi ini akan sangat membantu anda dalam belajar bahasa mandarin. Aplikasi ini adalah sebuah kamus tapi tidak hanya sekedar kamus kamu bisa mendengar cara baca setiap hanzi.
Kamu juga bisa belajar cara menulis hanzi, bisa juga menggunakan camera untuk translate tulisan yang ada di depan kamu. pokoknya aplikasi ini sangat membantu sekali.
Aplikasi ini bisa dicari playstore maupun di appstore atau bisa klik tautan  berikut ini.





4. Nonton Film MandarinMendengar musik Chinese/Mandarin Atau Chating Menggunakan Bahasa Mandarin.



Sering-seringlah menonton film chinese atau sekedar mendengarkan musik mandarin supaya otak kamu terbiasa dengan bahasa tersebutTentu banyak film mandarin yang bagus contohnya You are the Apple of My Eye. Dan kalau bisa chatingan menggunakan bahasa mandarin supaya kamu bisa menghafal bentuk huruf hanzi.
Lebih baik lagi jika chatingannya sama orang china hehe, untuk aplikasi chating orang china biasanya menggunakan Wechat dan QQ Mesenger.

Baiklah sekian untuk artikel kali ini. Untuk kamu yang sedang belajar bahasa mandarin tetap semangat dan rajin belajar. Supaya lebih lancar lagi pastinya kamu harus datang langsung ke negara tersebut, karena sebaik-baiknya belajar bahasa adalah di negara tempat bahasa itu berkembang dan digunakan.
Tips Mudah Agar Bisa Dan Lancar Bahasa Mandarin/Chinese Untuk Pemula Tips Mudah Agar Bisa Dan Lancar Bahasa Mandarin/Chinese Untuk Pemula Reviewed by Abdul Rofik on August 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Recent Posts

recentposts
Powered by Blogger.