Visitor

Gelar Kehormatan Untuk Seseorang Yang Berlaku Di Jepang

 

Di Jepang masyarakatnya dalam menyebut nama seseorang sudah biasa diakhiri dengan sebuah gelar kehormatan. Contohnya seperti -Kun , -Sama , -San dll. Sampai saat ini gelar tersebut masih aktif digunakan oleh masyarakat jepang walaupun ada beberapa gelar yang sudah jarang diucapkan.

San

San (さん) adalah gelar kehormatan paling umum dan mempunyai arti hormat yang sama dengan "Tuan", "Nyonya", "Nona", dll. Tetapi, selain digunakan untuk nama orang, gelar ini juga digunakan dalam cara lain.

Akhiran kata -San ,adalah akhiran yang biasanya digunakan kepada orang yang dirasa kamu hormati, akhiran -San dikatakan kepada orang yang sebaya atau lebih tua, akhiran -San bisa dikatakan kepada perempuan maupun wanita.
San digunakan dengan kata tempat kerja, seperti penjual buku bisa dipanggil atau disebut honya-san ("toko buku" + san).

San juga digunakan untuk nama perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan atau toko yang bernama Kojima Denki bisa dipanggil sebagai "Kojima Denki-san" oleh perusahaan lain. Ini bisa dilihat pada peta kecil di buku telepon dan kartu nama di Jepang, di mana perusahaan di sekeliling perusahaan tersebut disebut menggunakan san.

Chan

Chan (ちゃん) adalah akhiran kecil, gelar ini mengungkapkan bahwa si pembicara sedang berbicara pada orang yang dikasihi. Maka, menggunakan chan dengan nama orang yang lebih tinggi dari kita akan dianggap merendahkan dan kasar. Secara umum, chan digunakan untuk bayi, anak kecil, dan gadis remaja.


Kun

Kun (君【くん】) digunakan oleh orang dengan status senior ketika menyebutkan atau memanggil orang yang lebih junior dari dirinya, atau kepada seseorang lain saat menyebut atau memanggil anak atau remaja laki-laki. Gelar ini bisa digunakan juga oleh perempuan ketika menyebutkan laki-laki yang sangat berarti baginya atau dikenalnya sejak lama. Walapun secara umum kun digunakan untuk laki-laki.
Namun dibeberapa kasus terkadang-kadang (walau jarang) ,ada kalanya wanita dapat ditambahkan -Kun,biasanya wanita tersebut mungkin bersikap tomboy atau mungkin lebih berpenampilan seperti laki laki daripada wanita pada umumnya.


Sama

Sama (様 【さま】) adalah versi lebih hormat dari san. Gelar ini digunakan untuk menyebut orang dengan tingkat yang lebih tinggi dari dirinya, pada pelanggan, atau pada orang yang dikaguminya.

Dono

Walaupun Jarang ,akhiran kata -Dono ,biasanya digunakan pada orang orang yang memiliki kekuasaan/kekuatan/kebijaksanaan pada era-sengoku,akhiran kata ini biasanya ditunjukan untuk menunjukan rasa hormat yang tinggi,walaupun kata -dono jarang dipakai pada era seperti jaman ini.


Senpai dan kōhai

Senpai (先輩 【せんぱい】) digunakan untuk menyebut atau memanggil rekan yang lebih senior di sekolah, perusahaan, klub olahraga, atau grup lain. Di sekolah, siswa dengan kelas lebih tinggi dari dirinya dipanggil senpai.
Kōhai (後輩 【こうはい】) adalah untuk senior pada junior, kebalikan dari senpai, tetapi jarang digunakan.


Sensei

Sensei (先生 【せんせい】)  digunakan untuk menyebut atau memanggil guru, dokter, politikus, atau tokoh yang mempunyai wewenang. Gelar ini digunakan untuk menunjukkan hormat pada seseorang yang telah menguasai tingkat tertentu dalam seni atau kemampuan lain, gelar ini bisa juga digunakan pada novel, penyair, pelukis, dan seniman lain, termasuk seniman manga. Pada Seni bela diri Jepang, sensei biasanya digunakan untuk menyebut ketua dojo. Sama dengan senpai, sensei bisa digunakan tidak hanya sebagai akhiran, tetapi juga gelar yang berdiri sendiri.
Gelar Kehormatan Untuk Seseorang Yang Berlaku Di Jepang Gelar Kehormatan Untuk Seseorang Yang Berlaku Di Jepang Reviewed by Abdul Rofik on September 23, 2017 Rating: 5

No comments:

Recent Posts

recentposts
Powered by Blogger.